Kompas TV regional berita daerah

Berbasis Sel Dendritik, Vaksin Nusantara Aman

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penemuan vaksin Covid-19 bernama vaksin nusantara kini tengah dikembangkan oleh tim peneliti di laboratorium RSUP Dr Kariadi Kota Semarang, Jawa Tengah. Dosen dan tim peneliti, Yetty Movita Nency menjelaskan kelebihan dari vaksin nusantara adalah selain aman karena melewati tahapan yang ketat dan panjang, vaksin nusantara juga bersifat personal. 

Setelah melewati persiapan beberapa bulan, vaksin nusantara mulai dikembangkan sejak Desember 2020 dan selesai uji klinis fase satu pada akhir Januari 2021. Saat ini, pengembangan vaksin nusantara telah memasuki tahap uji klinis fase kedua dan sudah berjalan mulai Februari 2021. Dosen dan tim peneliti, Yetty Movieta Nency mengatakan temuan vaksin nusantara menggunakan metode berbasis sel dendritik autolog yang bersifat personal. Vaksin nusantara salah satu alternatif untuk orang-orang yang tidak bisa masuk kriteria vaksin karena banyak dengan penyakit berat.

Dalam pengembangannya penelitian vaksin nusantara dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, RSUP Dr Kariadi Kota Semarang dan Balitbangkes Kemenkes serta bekerjasama dengan Aivita Biomedical asal Amerika Serikat dalam penyediaan reagen. Kedepannya diharapkan pengerjaan vaksin nusantara bisa diproduksi di semua fasilitas kesehatan secara massal.

 #VaksinNusantara #Covid19 #RSUPDrKariadi

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x