Kompas TV regional berita daerah

Makin Dekat ke Permukiman, Warga Bahu-Membahu Padamkan Api Karhutla

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 09:05 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Kencangnya tiupan angin mengakibatkan kebakaran lahan gambut di Jalan Sungai Raya Dalam, Parit Tanggok, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, semakin mengganas.

Baca Juga: Karhutla Dekat Permukiman, Warga Antisipasi Api Merembet ke Rumah

Kebakaran yang sudah terjadi sejak hari Minggu lalu (14/02/21), terus melahap lahan di sekitarnya yang kering, karena tidak adanya curah hujan. Setidaknya ada lima titik kebakaran di sekitar wilayah ini. Tiupan angin juga mempercepat api menjalar hingga dekati rumah warga.

Jarak yang hanya puluhan meter membuat warga panik dan berusaha memadamkan api dengan alat sederhana, seperti ranting kayu dan ember. Minimnya sumber air juga mengharuskan warga mengangkut air gunakan jeriken yang diangkut dengan sepeda motor.

Akibat kebakaran ini, warga lain terpaksa mengungsikan anak dan istri ke rumah saudaranya, sebab khawatir asap kebakaran menyebabkan anaknya sakit.

Warga sekitar berharap pihak terkait bisa mengusut penyebab terjadinya kebakaran lahan ini, sebab hampir setiap tahun warga sekitar jadi korban asap maupun harus memadamkan api.

Berdasarkan data Lapan, hingga tanggal 16 Februari pagi terpantau sebanyak 177 titik panas di Kalbar, dengan jumlah terbanyak di Kabupaten Kubu Raya, sebanyak 131 titik panas.

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x