Kompas TV regional berita daerah

Material Longsor Telah DIbersihkan, Namun Akses Jalan Masih Terputus Akibat Jembatan Berlubang

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 12:44 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Sejumlah petugas BPBD Brebes, tengah membersihkan lumpur sisa material longsor yang menutup ruas jalan provinsi Bumijawa Sirampog di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, minggu pagi. Meski material longsor berupa tanah dan batu batu besar telah dibersihkan menggunakan alat berat, namun akses jalan tersebut masih terputus dan belum bisa dilalui kendaraan.

 

Hal ini karena gorong gorong jembatan di Desa batursari, Kecamatan Sirampog, masih belum tertangani. Gorong gorong ini ambrol pada sabtu pagi dengan diameter hingga empat meter akibat derasnya arus sungai.

 

Hingga minggu pagi, semua kendaraan masih dialihkan melalui jalur Sirampog, Tonjong, Linggapura, Bumijawa, sejauh enam puluh kilometer. Gorong gorong yang ambrol telah dipasang garis polisi agar warga tidak melintas. Kondisi jembatan juga rawan ambles kembali jika dilewati kendaraan.

 

Selain merusak infrastruktur jalan dan jembatan, banjir bandang dan longsor juga merusak pipa air bersih ke pemukiman warga. Sejumlah warga dan petugas masih melakukan penanganan pipa air bersih yang melintasi sungai pedes di kaki gunung slamet.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x