Kompas TV regional berita daerah

Heboh! Batu Nisan Era Kerajaan Aceh Ditemukan di Proyek Jalan Tol Trans Sumatera

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 19:11 WIB
Penulis : Reny Mardika

ACEH, KOMPAS.TV - Warga Desa Kajhu, Kecamatan Baitusalam, Kabupaten Aceh Besar, dihebohkan dengan penemuan batu nisan kuno di pintu masuk keluar tol Trans Sumatera.

Temuan sekitar dua puluhan nisan masa Kerajaan Aceh Darussalam tersebut telah dilaporkan warga ke sejumlah pihak terkait.

Kondisi batu nisan masa Kerajaan Aceh Darusalam tersebut berserakan akibat terkena pembersihan saat adanya pembangunan proyek jalan tol.

Dari keterangan Ketua Peubedoh Sejarah dan Budaya Aceh atau Peusaba,  batu nisan yang ditemukan warga itu merupakan makam para raja dan ulama aceh di masa Kerajaan Kesultanan Aceh masa lalu.

Kawasan situs sejarah Kajhu yang ada di Baitussalam merupakan kawasan khusus era kesultanan Aceh Darussalam yang tunduk langsung di bawah sultan, meliputi kawasan Kajhu, Cadek, Lambada serta Kuala Gigeng.

Dengan adanya pembangunan proyek jalan tol tersebut pelaku sejarah meminta pihak terkait untuk tidak menggeser situs cagar budaya yang ada di Aceh.

Situs sejarah makam para pembesar kesultanan Aceh Darussalam di gerbang jalan tol Kajhu yang berusia ratusan tahun tersebut terancam jika tidak segera di tangani secara baik oleh pihak terkait. 

Peusaba berharap dengan adanya nisan sebut agar instansi terkait untuk mencari solusi, sehingga pembangunan tol dan nisan tersebut tidak terganggu.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x