Kompas TV regional berita daerah

Komisi IX DPR Siap Kawal GeNose Dipakai di Rumah Sakit dan Puskesmas Seluruh Indonesia

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 20:37 WIB
komisi-ix-dpr-siap-kawal-genose-dipakai-di-rumah-sakit-dan-puskesmas-seluruh-indonesia
Komisi IX DPR datang ke UGM untuk melihat secara langsung GeNose, alat deteksi Covid-19, yang sudah digunakan di stasiun kereta api dan sejumlah rumah sakit di Yogyakarta. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Komisi IX DPR datang ke UGM untuk melihat secara langsung GeNose, alat deteksi Covid-19, yang sudah digunakan di stasiun kereta api dan sejumlah rumah sakit di Yogyakarta. Para anggota dewan dari Komisi IX ini pun sepakat jika GeNose cocok digunakan di puskesmas dan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, GeNose merupakan alat kesehatan buatan dalam negeri yang kemampuannya bisa mendeteksi Covid-19 seperti halnya swab PCR dan swab antigen dengan harga yang terjangkau untuk setiap kali uji.

“Jika dipakai di puskesmas dan sesuai sertifikasi maka kami akan antarkan,” ujarnya dalam dalam kunjungan kerja ke UGM, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Hore, Tes Covid-19 Pakai GeNose Bakal Ada di 6 Rumah Sakit Yogyakarta

Ia berjanji Komisi IX akan mengawal produk kesehatan dari UGM ini supaya bisa digunakan secara luas di seluruh lapisan masyarakat. Ia juga akan meyakinkan pemerintah untuk menggunakan GeNose.

Emanuels mengatakan secara politik Komisi IX DPR akan membawa GeNose ke rapat DPR. Jika sudah diputuskan, maka sifatnya mengikat pemerintah dan DPR.

“Tugas kami memantau sertifikasi yang diperoleh (GeNose) dan dukungan anggaran diberikan,” ucapnya.

Baca Juga: Mulai 15 Februari, Tes GeNose Covid-19 Tersedia di 8 Stasiun Kereta, Mulai Bandung Hingga Surabaya

Komisi IX DPR mengaku bangga atas kemajuan yang didapat oleh tim GeNose. Emanuels ingat pada kunjungan tahun lalu, Genose merupakan salah satu dari beberapa alat kesehatan yang dipamerkan oleh UGM selama masa pandemi.

“Saya kira produk genose menjadi contoh Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” tuturnya.

Rektor UGM, Panut Mulyono, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Komisi IX DPR terkait pemanfaatan produk kesehatan dari hasil inovasi para tim peneliti UGM. Dukungan dari para anggota Komisi IX DPR terhadap GeNose akan semakin memotivasi peneliti UGM untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat langsung untuk masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x