Kompas TV regional berita daerah

Sebaran Abu Vulkanik Gunung Raung Hingga Ke Kabupaten Karangasem

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 19:09 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPASTV - Dampak erupsi gunung raung yang ada di banyuwangi jawa timur juga berdampak sampai ke kabupaten karangasem bali . Sebaran abu vulkanik terlihat menempel di sejumlah dedauan serta di sejumlah mobil warga yang di perkir , namun sampai saat ini abu vulkanik gunung raung tidak sampai menganggu kesehatan warga .

Gunung raung yang berada di banyuwangi jawa timur yang mengalami erupsi pada sabtu malam sampai selasa pagi ini , sebaran abu vulkanik sudah menyebar hingga ke pulau bali , di kabupaten karangasem bali abu vulkanik terdapat di mobil warga dan sejumlah dauh tanaman di kecamatan rendang , selat , bebandem dan karangasem .

Warga baru menyadari adanya abu vulkanik pada pagi saat endak berangkat kerja , sampai sejauh ini dampak abu vulkanik belum sampai menganggu kesehatan warga , untuk mengatisipasi warga pun memakai masker saat diluar rumah.

Sementara itu kepala pelaksana bpbd karangasem menjelaskan ada beberapa wilayah desa yang terdampak seperti di kecamatan rendang , selat , bebandem hingga ke kota karangasem terdampak hujan abu / ditegaskan abu vulkanik ini bukan dari erupsi gunung agung namun dari dampak abu vulkanik gunung raung karena sesuai arah angin dan ketinggian embusan , dan pihak bpbd tetap melakukan pemantauan sampai saat sebaran abu masih tergolong tipis .

Sampai saat ini hujan abu vulkanik di kabupaten karangasem tidak lagi terlihat , untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan petugas bpbd karangasem masih melakukan pemantauan di sejumlah wilayah untuk memastikan apakah ada dampak parah yang ditimbulkan abu vulkanik gunung raung .

#abuvulkanik #gunungraung #gunungerupsi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x