Kompas TV regional peristiwa

Sudah Mantap Pimpin Solo, Gibran akan Jalankan Program Andalan Hasil Kombinasi FX Rudy

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 03:10 WIB
sudah-mantap-pimpin-solo-gibran-akan-jalankan-program-andalan-hasil-kombinasi-fx-rudy
Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai usai blusukan di Solo (20/2/2020) (Sumber: KOMPASTV/ WIDI NUGROHO)
Penulis : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Gibran Rakabuming Raka tampaknya sudah mantap dengan sejumlah program yang akan dijalankannya ketika menjabat Wali Kota Solo.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku beberapa di antaranya merupakan kelanjutan dari program-program Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Gibran mengaku akan mengombinasikan antara blusukan online dan tatap muka langsung untuk berinteraksi dengan warga, Cara tersebut juga pernah ia lakukan saat berkampanye di Pilkada 2020 lalu.

Baca Juga: Arief Poyuono Sebut Hanya Gibran yang Bisa Saingi Anies di Pilkada DKI

“Iya kombinasi. Kemarin waktu kampanye kan juga kombinasi. Ada yang lewat virtual, ada yang saya turun langsung. Pokoknya kombinasi," jelas Gibran di Solo, Jawa Tengah, dikutip dari Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Gibran memaparkan, blusukan online dipilihnya karena efektif mencegah kerumunan mengingat saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19.

Lewat cara tersebut, sambung Gibran, ia tetap bisa berkomunikasi dengan masyarakat meski tidak bertemu langsung.

Selain itu, ayah Jan Ethes Srinarendra itu juga bakal mengadakan Mider Projo, yang sebelumnya telah dilakukan oleh F.X. Hadi Rudyatmo.

Dalam program yang digelar tiap Jumat pagi itu, Wali Kota Solo dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) berkeliling perkampungan dengan menaiki sepeda untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Mider Projo dilanjutkan itu otomatis. Jadi kebiasaan baiknya Pak Rudy pasti saya lanjutkan," ucap Gibran.

Baca Juga: Resmi Jadi Wali Kota Solo Terpilih, Gibran Rakabuming Berikan Bocoran Prioritas Kerja

Dia bahkan mengaku telah berkoordinasi dengan Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Solo mengenai kebiasaan Rudy (sapaan F.X. Hadi Rudyatmo) selama menjabat Wali Kota.

"Saya sudah berkoordinasi dengan misalnya Bagian Umum. Pertanyaan yang paling awal saya tanyakan apa kebiasaan Pak Rudy. Pak Rudy bangun jam berapa, mulai menemui tamu jam berapa. Saya lihat jadwal beliau mulai menemui tamu jam 6," terang dia.

Karena Rudy mulai menemui tamu pada pukul 6 pagi, Gibran meminta Bagian Umum Setda Solo untuk tidak mengganti jadwal itu.

"Saya tegaskan ini jadwalnya jangan diubah kalau Pak Rudy sudah terbiasa menemui tamu jam 6, saya otomatis harus menyamakan jam 6 juga. Jam 7 berangkat Balai Kota harus disamakan semua," tuturnya.

Nantinya, saat memimpin Kota Solo, Suami Selvi Ananda ini juga akan ditemani oleh Teguh Prakosa sebagai wakilnya.

Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Solo sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo terpilih dalam rapat pleno terbuka di Swiss-Bellin Saripetojo Hotel Solo, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Juliari Bantah Gibran Terlibat dalam Pengadaan Bansos Covid-19

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x