Kompas TV regional berita daerah

7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Tes GeNose di RSUP Dr. Sardjito

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 10:42 WIB
7-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-sebelum-tes-genose-di-rsup-dr-sardjito
GeNose bisa diakses di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta untuk masyarakat umum. (Sumber: Dok. Kemenristek)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- GeNose, sebagai alat deteksi Covid-19 temuan peneliti UGM, kini bisa diakses oleh masyarakat umum di Klinik Early Screening Corner (ESC) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mulai Senin (8/2/2021). Layanan tes GeNose di klinik ESC RSUP Dr. Sardjito buka setiap Senin, Rabu, Jumat, mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

“Layanan tutup pada Sabtu dan Minggu serta hari libur atau tanggal merah,” ujar Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan.

Baca Juga: Layanan Tes GeNose Dibuka di RSUP Dr. Sardjito untuk Umum, Ini Rincian Biayanya

Ia menyebutkan ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi oleh masyarakat sebelum mengikuti tes GeNose. Selain tidak boleh merokok dan menjalani puasa minimal 30 sampai 60 menit sebelum pemeriksaan, orang yang ingin tes GeNose juga tidak diperkenankan makan atau minum bahan tertentu.

Bahan tertentu yang dimaksud adalah yang mengandung bawang putih, durian, jengkol, petis, kopi, teh, serta minuman bersoda. Tujuannya, untuk mengoptimalkan hasil pemeriksaan.

Sebelum dibuka layanan tes GeNose di RSUP Dr. Sardjito, pada 5 Februari lalu, PT KAI mewajibkan penumpang untuk melampirkan hasil tes GeNose sebagai syarat bepergian kereta api jarak jauh.

Baca Juga: Perasaan Calon Penumpang Saat Coba GeNose untuk Pertama Kali di Stasiun Tugu Yogyakarta



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x