Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Lele Bioflok Dengan Hidroponik

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 10:41 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Saudara meski ditengah pandemi covid 19, sistem pertanian terus dikembangkan.

Kini beternak ikan dan bercocok tanaman sayur tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan pedesaan dengan lahan yang luas, saat ini, masyarakat perkotaan pun dapat mengembangkan usaha budidaya ikan dan tanaman sayur yang berguna untuk kebutuhan dapur dan ekonomi.

Budidaya ikan dengan sistem bioflok dan budidaya sayur hidroponik, adalah solusinya, budidaya ikan lele sistem bioflok dengan tanaman hidroponik ini, selain tidak membutuhkan lahan yang luas/ juga menghasilkan bahan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Budidaya lele dengan menggunakan sistem bioflok adalah sebuah sistem pemeliharaan ikan lele dengan metode menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi sebagai pengolah lombah budidaya lele itu sendiri. Limbah pada budidaya lele diolah menajdi gumpalan-gumpalan yang berbentuk kecil atau bisa disebut sebagai flok/floc.

Flok tersebut kemudian akan dimanfaatkan sebagai pakan alami lele. untuk menumbuhkan mikroorganisme dapat dipacu engan cara kultur bakteri non pathogen atau probiotik/serta menggunakan aerator dalam kolam untuk menyuplai oksigen sekaligus sebagai pengaduk air di dalam kolam,

air yang bernutrisi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk megembangkan budidaya tanaman hidroponik.


 

Dimana tanaman sayuran hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam berupa tanah.

Kedua sistem inilah yang kmudian diolah secara bersama sehingga tercipta budidaya ikan lele sistem bioflok diintegrasikan dengan sayur hidroponik.

Budidaya lele bioflok yang diintregasikan dengan tanaman dengan teknik hidroponik ini tidak sesulit kelihatannya. Kita bisa melakukannya di sekitar rumah tanpa membutuhkan lahan yang luas// hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya dengan metode hidroponik ini adalah cahaya/ oksigen/ ketersediaan air, dan nutrisi.

Budidaya ikan lele sistem bioflok diintegrasikan dengan sayur hidroponik menghasilkan lele yang berkualitas dan sayur yang sehat, hal tersebut karena pakan lele yang telah disesuaikan dngan kebutuhan dan bernutrsi, serta tanaman yang tidak menggunakan bahan kimia atau pestisida.

Budidaya ini dapat dilakukan oleh pemula. Harapannya, metode ini dapat membantu kehiduan masyarakat ditengah pandemi covid 19/ serta dapat memenuhi kebutuhan makanan yang sehat dan bernutrisi.

#budidayalele #bioflok #leledenganhidroponik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x