Kompas TV regional berita daerah

Bisnis Olahan Jahe Merah Di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 12:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi Covid-19 banyak usaha yang mengalami keterpurukan, namun tidak demikian dengan bisnis olahan jahe merah siap minum yang di buat oleh seorang ibu rumah tangga asal Kendal, Jawa Tengah. Bahkan dari usahanya tersebut, ia berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Ditangan Rusmiyati warga Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, jahe merah yang saat ini begitu digemari masyarakat disulapnya menjadi sebuah bisnis yang begitu menggiurkan. Bersama sang suami, jahe merah yang konon berkhasiat untuk menjaga imunitas ini diolahnya menjadi olahan minuman herbal yang nikmat.

Berbekal pelatihan kewirausahaan yang digelar pemerintah desa setempat, ibu rumah tangga ini, akhirnya memberanikan diri meracik jahe merah herbal. Dan benar saja, produk yang diberi nama jahe instan Kak Ros ini ternyata banyak diminati masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, minuman jahe merah semakin banyak dicari masyarakat. Akibat permintaan pasar yang tinggi, sejumlah warga sekitarpun akhirnya dipekerjakan sehingga dapat membantu ekonomi keluarga.

Selain jahe merah, Rusmiyati juga membuat berbagai olahan herbal instan seperti kunir kuning, beras kencur, kunir putih dan temulawak. Produk hasil olahan tersebut banyak di jual di Kabupaten Kendal dan beberapa kota di Jawa Tengah.

 #JaheMerah #Covid19 #Herbal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x