Kompas TV regional berita daerah

Perasaan Calon Penumpang Saat Coba GeNose untuk Pertama Kali di Stasiun Tugu Yogyakarta

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 13:34 WIB
perasaan-calon-penumpang-saat-coba-genose-untuk-pertama-kali-di-stasiun-tugu-yogyakarta
Soft launching penggunaan GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta dimanfaatkan oleh para calon penumpang (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- GeNose, alat deteksi Covid-19, sudah mulai digunakan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (3/2/2021). Soft launching penggunaan GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta dimanfaatkan oleh para calon penumpang.

“Mudah-mudahan implementasinya bisa berjalan dengan baik,” ujar Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Hargo Utomo.

GeNose yang merupakan inovasi berbasis riset berupa hidung elektronik pendeteksi volatile organic compound dalam nafas manusia sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Desember 2020. Penggunaannya sebagai alat screening Covid-19 untuk penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa disetujui oleh Satgas Covid-19 dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Menhub: 5 Februari, Penumpang Kereta Api Wajib Lakukan Tes GeNose

Salah satu calon penumpang, Vio, memilih tes cepat menggunakan GeNose ketimbang rapid test antigen.

“Harganya lumayan terjangkau untuk kalangan mahasiswa seperti saya, cukup Rp 20.000, kebetulan hari ini juga soft launching jadi ingin mencoba,” ucapnya.

Vio mengaku sudah memperoleh informasi seputar GeNose dari media sosial, meskipun demikian ia baru tahu kalau hari ini alat itu sudah diterapkan di Stasiun Tugu Yogyakarta.

“Ada kesempatan ya saya mencoba, awalnya bingung takut salah, tetapi ternyata mudah dipahami dan lebih nyaman,” tuturnya.

Calon penumpang kereta api lainnya, Ayu, baru mengetahui tentang GeNose setelah tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta. Ia tertarik mencoba karena biayanya terjangkau.

“Ternyata saat mencoba mudah dan sangat nyaman,” kata Ayu.

Baca Juga: Prosedur dan Syarat Tes GeNose Bagi Penumpang Kereta Api

Ada enam alat GeNose yang tersedia di Stasiun Tugu Yogyakarta. Alat-alat itu ditempatkan pada bilik terpisah.

Calon penumpang yang sudah mendaftar dan melakukan pembayaran di loket akan akan diberikan kantong udara yang digunakan untuk menampung nafas. Di setiap bilik terdapat petugas yang akan memberikan penjelasan serta instruksi yang harus diikuti oleh calon penumpang untuk menghembuskan nafas ke dalam kantong.

Kantong tersebut kemudian diserahkan kepada petugas dan calon penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta dipersilakan menunggu selama beberapa menit sampai hasil tes GeNose keluar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x