Kompas TV regional berita daerah

Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Mengikuti Vaksinasi di DIY

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 16:51 WIB
hal-yang-wajib-dilakukan-setelah-mengikuti-vaksinasi-di-diy
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksinasi akan berlangsung dalam empat tahap. (Sumber: Switzy Sabandar)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Vaksinasi di DIY akan diadakan pada Kamis, 14 Januari 2021. Untuk kick off atau vaksinasi perdana akan dilakukan di Bangsal Kepatihan DIY.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyangingastutie menuturkan imunisasi atau vaksinasi bukan hal baru di DIY. Imunisasi MR yang pernah dilakukan di DIY memiliki cakupan 98 persen dan mendapat predikat terbaik se-Indonesia.

“SOP atau prosedur pelaksanaan imunisasi (vaksinasi) sudah dilakukan dengan baik dan dipahami oleh tenaga kesehatan di DIY,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Mengintip Persiapan Vaksinasi di DIY

Ia mengatakan sampai hari ini belum ada kejadian pasca vaksinasi yang berakibat fatal. Meskipun demikian, ia meminta semua orang memahami persoalan vaksinasi Covid-19 yang berbeda dengan vaksinasi lainnya.

“Setelah menerima vaksinasi, seseorang tidak bisa langsung pulang, setidaknya 30 menit harus berada di tempat penyuntikan karena ini adalah vaksin baru dan harus ada monitoring,” ucap Pembajun.

Ia menuturkan pelaksanaan vaksinasi di DIY menggunakan empat meja, yakni meja untuk pendataan, screening dan pemeriksaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi.

Baca Juga: Sultan HB X Tidak Masuk dalam Daftar Penerima Vaksin Sinovac di DIY, Mengapa?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x