Kompas TV regional berita daerah

Kreasi Unik Donat dengan Berbahan Dasar Tahu

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 18:00 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kue donat dengan aneka rasa juga warga menarik ini bukan seperti umumnya.  Donat ini terbuat berbahan dasar tahu, mengenai rasa, tak kalah enak dengan donat pada umumnya. Ada rasa kacang, coklat, strawberry, dan berbagai rasa lainnya, sehingga sangat menggoda untuk dicicipi.

Kreasi donat tahu ini dibuat oleh pasangan muda, Siti Muarofah dan Risa Novianto, warga Desa Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten pekalongan, Jawa Tengah. Awalnya, pasangan yang telah memiliki dua anak ini bekerja sebagai guru dan pegawai swasta di sebuah lembaga keuangan.

Namun karena dia berada dilingkungan perajin tahu, sehingga berusaha membuat ide olahan lain dari tahu. Salah satu ide kreatifnya adalah donat tahu, Dan ternyata banyak peminatnya

Pembuatan donat tahu ini adalah dengan bahan baku tahu yang belum jadi atau masih berupa cairan Tahu kemudian dicampur dengan terigu dengan perbandingan 1 : 2, misal tahu satu liter untuk terigu 2 Kg. Kemudian ditambah telur dan gula sera bahan lainnya.


Setelah adonan jadi, dibuat cetakan donat dan digoreng hingga matang dengan api kecil, agar warnanya cantik dan glowing. Olahan lain dari tahu ini bisa menjadi alternatif, saat harga kedelai mahal dan ditambah kondisi pandemi Covid-19.

Siti Muarofah, menyebutkan awalnya dia dan sang suami mencoba resep beberapa kali hingga berhasil. Produksi rumahan ini  kini sudah banyak yang memesan karena cocok serta enak.

Disebutkan, dia memulai usaha ini setelah mendapat bantuan UMKM dari dampak pandemi Covid-19. Bantuan Rp.2,5 juta dibelikan alat dan bahan baku lalu dicoba dijual dan ternyata banyak peminat.


Harga donat ini dijual Rp 15 ribu, satu Kotak isi 6 buah dan bisa bertahan dua sampai tiga hari, karena dibuat asli tanpa bahan pengawet. Anda penasaran? Silahkan mencoba dan cicipi donat tahu ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x