Kompas TV regional berita daerah

PMI dan RSD dr. Soebandi Layani Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 22:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember Jawa Timur bersama rumah sakit dr. Soebandi Jember bekerjasama membuka pelayanan plasma konvalesen. Layanan ini untuk membantu pasien covid-19 dengan kondisi berat melakukan terapi agar cepat sembuh.

Kerjasama pelayanan plasma konvalesen dilakukan menyusul tingginya angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jember dan sekitarnya. Kerjasama ini berkaitan dengan SDM dan peralatan produksi plasma konvalesen di kedua lembaga tersebut.

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki menjelaskan bahwa produksi  plasma konvalesen atau plasma darah diambil dari pasien covid-19 yang telah sembuh.

Plasma konvalesen berasal dari plasma sel darah mantan penderita covid-19, kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien, yang sedang terinfeksi virus corona. Plasma konvalesen memberikan antibodi yang sudah jadi dari seseorang ke orang lainya.

Baca Juga: Perawat Penyintas Covid-19 Ajak Masyarakat Patuh Pada Prokes

Direktur RSD Soebandi Jember, Hendro Soelistijono menyebutkan bahwa saat ini banyak kalangan yang minta pendonor plasma darah dari penyintas covid-19. Karena terapi plasma konvalesen dinilai ampuh untuk menyembuhkan pasien covid-19.

Pendonor plasma konvalesen covid-19 diutamakan bagi laki-laki dan perempuan yang belum pernah hamil.

 

#PlasmaKonvalesen #PlasmaDarah #PenyintasCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x