Kompas TV regional berita daerah

Vaksin Tiba, Rantai Dingin Vaksin Sudah Disiapkan

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 14:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga sudah menyiapkan pengelolaan distribusi vaksin yang tidak mudah, karena rantai dingin atau cold chain harus terjaga agar vaksin Covid-19 tidak rusak.

Puluhan ribu vaksin yang disimpan di gudang farmasi harus tersimpan di tempat dengan temperatur yang sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan. Untuk pendistribusian menurut Ganjar tidak mudah karena rantai dingin harus terjaga agar vaksin Covid-19 Sinovac tidak rusak. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah menyiapkan mekanisme pendistribusian rantai dingin mulai dari gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah hingga sampai ke kabupaten-kota, puskesmas bahkan sampai ke penerima vaksin harus terjaga dan menggunakan tempat khusus agar vaksin tidak rusak.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto menambahkan persiapan di kabupaten-kota di Jawa Tengah sudah bagus untuk menerima kedatangan vaksin tahap pertama. Secepatnya vaksin akan didistribusikan ke kabupaten - kota di Jawa Tengah. Rantai dingin vaksin sudah disiapkan termasuk vaksinator di masing-masing tempat juga sudah dilatih.

Target tahap pertama penerima vaksin Covid-19 Sinovac yakni untuk tenaga kesehatan, kemudian penerima tahap kedua untuk pelayanan publik seperti TNI -Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, kereta api, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat. Dan tahap ketiga adalah masyarakat rentan serta tahap keempat untuk masyarakat umum termasuk pelaku ekonomi.

 

#Covid-19 #Sinovac #DinasKesehatan

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x