Kompas TV regional berita daerah

Tanam Sukun Untuk Ketahanan Pangan Dan Jaga Konservasi Alam

Kompas.tv - 25 Desember 2020, 19:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk menjaga konservasi alam Pemerintah Kota Semarang bersama mahasiswa pecinta alam menanam ratusan bibit sukun di area Waduk Jati Barang Kota Semarang. Penanaman juga bertujuan melindungi air baku dan untuk ketahanan pangan ditengah pandemi.

Penanaman bibit sukun dipimpin langsung Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu diikuti puluhan mahasiswa pecinta alam USM dan petani masyarakat sekitar Waduk Jati Barang Semarang. Penanaman bibit sukun di sisi timur waduk ini adalah yang kedua kalinya, karena sebelumnya telah dilakukan hal yang sama di sisi barat. Dipilihnya bibit sukun, selain untuk pencegahan longsor, pelestarian alam juga untuk ketahanan pangan di masa pandemi.

Ada ratusan bibit sukun yang sudah ditanam di sekitar Waduk Jati Barang sebagai perlindungan bahan baku air. Rencananya Waduk Jati Barang ini sebagai bahan baku air PDAM yang akan mengaliri 65 ribu konsumen di wilayah Semarang Barat.

Kegiatan ini diharapkan menjadi perlindungan ketahanan pangan warga sekitar Waduk Jati Barang Semarang. Penanaman pohon ini akan terus dilakukan rutin mengingat luas sabuk hijau di kawasan waduk mencapai 54 kilometer persegi dari 190 hektar Waduk Jati Barang, sehingga masih butuh banyak bibit tanaman yang dibutuhkan untuk melindungi alam di kawasan ini.

#WadukJatiBarang #BibitSukun #KetahananPangan


 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x