Kompas TV regional berita daerah

Hutan Adat Jadi Tempat Ekowisata Burung Cendrawasih

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 23:13 WIB
Penulis : Christandi Dimas

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Warga di Kampung Sawesuma, Kabupaten Jayapura, Papua, memanfaatkan hutan sebagai lokasi ekowisata burung cendrawasih.

Upaya ini sebagai bentuk pelestarian hutan adat dan menjaga burung cendrawasih dari kepunahan.

Namun, dengan berjalannya waktu, hutan milik warga ini semakin berkurang karena penebangan liar serta pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

Demi menjaga ekosistem dalam hutan, organisasi internasional non-pemerintah dana dunia untuk alam atau WWF menggagas program Papua mengedukasi masyarakat untuk mengelola hutan tanpa menebang pohon.

Caranya, dengan mengembangkan ekowisata pemantauan burung cendrawasih di Kampung Sawesuma, Distrik Unurum Guay.

Untuk pengembangan ekowisata, hutan seluas 19 hektar disiapkan untuk pemantauan burung cendrawasih yang tidak jauh dari jalan utama.

Di hutan ini bisa dilihat secara langsung beberapa jenis burung cendrawasih, di antaranya cendrawasih raja, cendrawasih miror, cendrawasih mati kawat, cendrawasih toa, dan beberapa satwa lainnya.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x