Kompas TV regional berita daerah

PMI Gelar Pelatihan Perkuatan Rumah Agar Aman Gempa

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 17:01 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV- PMI Kota Sukabumi menggelar kegiatan pelatihan model penguatan rumah agar aman gempa, atau Retrofiting, di Kecamatan Baro Sukabumi. Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan ketrampilan para tukang bangunan lokal dan tokoh masyarakat dengan teknik penguatan rumah agar aman gempa, (Retrofitting), dalam upaya kesiapsiagaan dan mitigasi potensi bencana gempa bumi.

Rumah aman gempa secara sederhana, seperti rumah yang dibangun mengikuti kaidah ketehnikan dan harmoni dengan alam. Kondisi saat ini di masyarakat banyak yang kurang paham tentang pentingnya rumah aman gempa, serta pengabaian aspek kerentanan dilingkungan masyarakat. Dalam proses pelaksanaan para peserta diberikan materi kelas, juga dilakukan kunjungan praktek lapangan untuk melakukan peninjauan ke rumah masyarakat, untuk melakukan asessmen dan analisa rumah untuk pembelajaran Retrofitting.

Hal ini dalam kaitan mendukung program kesiapsiagaan gempa bumi yang sedang dilaksanakan di Kota Sukabumi, oleh PMI melalui dukungan Palang Merah Amerika Dan Usaid.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x