Kompas TV regional wisata

Semarang Bakal Punya Bus Air, Walkot Hendi: Diupayakan Terwujud Tahun Depan

Kompas.tv - 11 Desember 2020, 08:23 WIB
semarang-bakal-punya-bus-air-walkot-hendi-diupayakan-terwujud-tahun-depan
Bus amfibi yang akan dipesan Hendrar Prihadi untuk Kota Semarang. (Sumber: Instagram/@hendrarprihadi)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berencana akan menghadirkan bus yang bisa melintas di air atau dikenal dengan bus amfibi. Program tersebut nantinya akan diberi nama Semarang River Bus.

Melalui akun Instagram miliknya @hendrarprihadi pada Kamis (10/12/2020), rencana itu akan dilakukan pada tahun depan dengan harapan bisa digunakan berputar menyusuri pesisir Kota Semarang.

"Tahun depan akan ada pembelian bis amfibi. Rutenya seperti Sam Po Kong, Lawang Sewu, Kota Lama. Kemudian, bus ini akan bergerak menuju ke Banjir Kanal Barat atau Marina. Untuk kemudian bus ini bisa berputar menyusuri ke pesisir Kota Semarang," kata Hendrar.

Video bus amfibi 'Semarang River Bus' yang diunggah Hendi terlihat masuk di jalur air. Dengan menggunakan mesin dari pabrikan Eropa, MAN, bus ini berjalan di antara kapal-kapal kecil di luar negeri.

Hendi menyebut, ini menjadi salah satu inovasi dalam mengintegrasikan pesisir Semarang dengan pusat kota.

"SEMARANG RIVER BUS (AMPHIBI) menjadi salah satu inovasi dalam mengintegrasikan pesisir Semarang dengan wilayah pusat kota, diupayakan mulai terwujud pada tahun depan, jika semua proses berjalan lancar," tulisnya pada caption.

Sekilas, bus amfibi memiliki bentuk seperti bus pada umumnya, namun kelebihannya bus ini bisa mengapung di atas air layaknya perahu serta bisa berjalan di darat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x