Kompas TV regional politik

Hasil Hitung Cepat Pilkada Banyuwangi, Istri Bupati Azwar Anas Ipuk Fiestiandani Menang

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 23:37 WIB
hasil-hitung-cepat-pilkada-banyuwangi-istri-bupati-azwar-anas-ipuk-fiestiandani-menang
Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas memberikan hak pilihnya dalam Pilbup Banyuwangi 2020, di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Rabu (9/12/2020) pagi. (Sumber: SURYA.CO.ID/Haorrahman)
Penulis : Fadhilah

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Hasil quick count atau hitung cepat Pilkada Banyuwangi 2020 versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukan kemenangan istri Bupati Azwar Anas, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Pasangan Ipuk-Sugirah menang selisih 6,04 persen atas pasangan Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy.

LSI Denny JA melakukan quick count pada Rabu (9/12/2020) dengan sampel yang masuk sudah 100 persen.

Baca Juga: Gus Ipul - Mas Adi Klaim Menang Pilkada Pasuruan 2020, Timses Siapkan Syukuran

Peneliti LSI dan Coordinator Area Jawa Timur-Bali, Imam Fauzi Surahmat mengungkapkan, hasil tersebut berdasarkan data quick count final yang dikeluarkan LSI dengan data sampel yang masuk mencapai 100 persen.

Data yang masuk menunjukkan, Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy meraih 46,98% suara, sementara Ipuk Fiestiandani-Sugirah 53,02% suara, selisih 6,04%, dengan margin error plus minus 1 %. Tingkat partisipasi pemilih (voter's turn out) sebanyak 63,99 persen.

Imam mengatakan, dengan selisih lebih dari 1 persen, hampir dipastikan data yang dirilis LSI tidak akan banyak berubah dari hasil akhir penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya.

"Bisa kita sampaikan ini sangat bisa dipertanggungjawabkan baik secara kredibiltas dan metode ilmiah penelitian, sehingga kecil kemungkinan hasil ini berubah dari hasil yang nantinya akan dirilis KPU," kata Imam dalam konferensi pers, yang digelar di Hotel Kookon, Rabu (9/12), dikutip dari Tribunnews.com.

"Dengan demikian sudah layak untuk mengucapkan selamat kepada masyarakat Banyuwangi telah memiliki pemimpin baru, yakni Ipuk-Sugirah," sambungnya.

Baca Juga: Jadi Kandidat Kepala Otorita Ibu Kota Negara, Azwar Anas: Itu Sebuah Kehormatan

Sementara berdasarkan jejak rekam LSI sejak 2004, hasil quict qount yang diperoleh sangat bisa dipertanggungjawabkan dan tidak banyak berbeda dengan hasil akhir.

Seperti hasil dalam Pemilihan Presiden 2019 lalu. Hasil final quick count final LSI Denny JA pada Pilres 2019 sebagai berikut: Jokowi-Ma'ruf: 55,71% dan Prabowo-Sandi: 44,29%.

Sementara perolehan akhir resmi dari KPU, jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 55,50 persen suara, sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 44,50 persen suara. Selisih suara hasil quick count dan hasil KPU hanya sekitar 0,21 persen.

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan kepala daerah yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Hasil quick count ini merupakan hasil sementara. Hingga saat ini, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count.

Data quick count bukan hasil resmi Pilkada Banyuwangi 2020. Hasil resmi pemilu menunggu penghitungan suara secara manual dari KPU.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tembus 1.012, Banyuwangi Zona Merah

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x