Kompas TV regional berita daerah

Menangkap Ikan Dengan Ban Bekas, Memang Bisa?

Kompas.tv - 7 Desember 2020, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Untuk memenuhi kebutuhan hidup seorang pemuda asal kecamatan cikalong kabupaten tasikmalaya menangkap ikan di laut menggunakan ban bekas.  Meski bahaya menjadi taruhan  tidak menyurutkan usahanya untuk mencari nafkah.

Hampir setiap hari irwan nelayan asal karangtawulan kabupaten tasikmalaya turun melaut dengan menggunakan ban bekas dan peralatan alakadarnya.

Irwan berenang ke tengah laut menggunakan ban dalam bekas sepatu karet yang dilapis piber plastik  serta  tali tambang kecil.

Menangkap ikan dan lobster dengan cara ini menjadi tantanga tersendiri bila dibandingkan menggunakana kapal atau perahu yang umumnya digunakan nelayan.

Semata - mata untuk mencari nafkah  ombak besar di pantai karang tawulan  tidak menyurutkan irwan menangkap ikan dan lobster ke tengah laut.

Selain melihat tanda  - tanda alam seperti  angin dan perhitungan tanggal aplikasi cuaca menjadi panuan bagi irwan untuk menghindari cuaca buruk.

Jaring bandrong, menjadi alat yang digunakan untuk menangkap ikan, jaring dipasang  kemudian diangkat keesokan harinya.

Hingga kini warga yang menjadi nelayan ban bekas di pesisir laut selatan jawa barat masih banyak, cara ini terpaksa mereka tempuh karena keterbatasan ekonomi.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

 Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x