Kompas TV regional berita daerah

Warga Yang Bertahan Di Zona Merah Gunung Ile Ape Dievakuasi

Kompas.tv - 7 Desember 2020, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Ratusan warga di 8 desa yang masuk zona merah gunung Ile Lewotolok sebelumnya memilih untuk tetap tinggal di rumah mereka masing-masing. Warga yang bertahan umumnya adalah para lansia yang sakit dan para tetua adat.

Tim Basarnas dan TNI/Polri serta relawan pun datang mengevakuasi para warga tersebut. Mereka kemudian dibawa ke pos pengungsian di Kota Lewoleba.

Evakuasi warga yang bertahan di zona merah gunung Ile Lewotolok itu karena aktivitas gunung api tersebut masih sangat tinggi sesuai hasil pemantauan di pos pengamatan.

8 desa yang belum dikosongkan warga tersebut berada di jalur merah yang berpotensi dihantam guguran material erupsi gunung Ile Lewotolok.

Menurut warga, mereka memilih bertahan karena sudah terbiasa dengan aktifitas vulkanis gunung Ile Lewotolok. Ada juga tetua adat yang bertahan guna melakukan upacara adat yang dipercaya dapat menenangkan gunung Ile Lewotolok.

Hingga saat ini, status gunung Ile Lewotolok masih berada pada level 3 atau siaga. Sementara jumlah pengungsi mencapai 7900 orang.

#evakuasi #warga #gunungapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x