Kompas TV regional berita daerah

Bantu Ekonomi, Bank Sampah Sulap Ban Bekas jadi Produk Kerajinan Berkualitas

Kompas.tv - 14 November 2020, 09:40 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Siapa sangka, kerajinan bercat warna-warni ini merupakan tempat sampah yang dibuat dari hasil daur ulang ban bekas. Kerajinan yang mulai dibuat sejak bulan Maret lalu itu, diproduksi oleh Bank Sampah Dansen Sejahtera, di Jalan Danau Sentarum, Gang Bersatu, Pontianak, Kalimantan Barat, dan dimotori oleh Nawati.

Berangkat dari bank sampah, Nawati berinovasi menciptakan produk ramah lingkungan. Ban yang dibeli dari para pengepul maupun masyarakat itu diolah sedemikian rupa, hingga dirakit menjadi aneka produk, mulai dari tempat sampah, pot bunga, pot buah, hingga kaki meja kaca.

Produk yang dijual mulai harga 100 hingga 300 ribu rupiah ini menjadi salah satu potensi usaha di masa pandemi. Produk kreatif itu pun mulai dilirik oleh masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga.

Tidak hanya memproduksi produk kreatif daur ulang, nawati juga memberdayakan masysrakat sekitar sebagai pekerja untuk mengolah ban bekas tersebut.

Selain bernilai ekonomi, tentu produk ini juga dapat menyelamatkan potensi kerusakan lingkungan, dari limbah yang sulit terurai.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga di Desa Sungai Belidak Menganyam Bakul untuk Bantu Gerakkan Ekonomi

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Kerajinan #Ban #Pandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x