Kompas TV regional berita daerah

Tips Aman Bersepeda Agar Terhindar Dari Tindak Kejahatan

Kompas.tv - 12 November 2020, 12:22 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Bersepeda kini menjadi aktivitas yang banyak digandrungi masyarakat  sejak pandemi Covid-19 melanda. Nah, komunitas pesepeda di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memberikan tips bersepeda atau gowes yang aman dan sehat. Tapi jangan lupa, tetap pakai masker dan hindari kerumunan agar terhindar dari penularan virus corona.

Bersepeda atau  yang kerap disebut gowes  kini menjadi pilihan masyarakat, baik sekedar  mengusir  kejenuhan ataupun sebagai pilihan berolahraga di tengah pandemi. Tidak hanya  sekedar keliling kampung, namun juga gowes hingga puluhan kilometer.

Namun sayang, banyak pesepeda yang menjadi korban tindak kejahatan di jalanan, mulai dari pemalakan hingga perampokan.

Suciati Ningsih, seorang pesepeda asal Kabupaten Probolinggo, membagikan tips aman dan sehat agar terhindar dari tindak kriminalitas saat berspeda atau gowes.

Pertama, seperti kebanyakan olahraga pada umumnya, jangan lupa pemanasan untuk meregangkan  otot-otot persendian. Tujuannya adalah agar tidak terjadi cedera saat bersepeda.

Yang kedua, bagi goweser pemula, tidak dianjurkan mengambil rute yang terlalu jauh. Mulailah dengan rute yang ringan dan mudah kemudian secara perlahan tambahkan durasi waktu dan jarak dalam bersepeda.

Dan yang ketiga, jika bersepeda sendiri harus memilih lokasi yang aman agar terhindar dari tindak kejahatan. Lebih disarankan untuk berkelompok jika harus gowes melewati jalanan sepi, seperti persawahan atau sekitar hutan.

Jangan lupa, tetap pakai masker, cuci tangan atau dengan membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak. Di masa pandemi ini, tidak hanya keselamatan saat bersepeda yang harus diperhatikan, tetapi juga penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona.

#GowesAman #KomunitasSepeda #PandemiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x