Kompas TV regional berita daerah

Pengungsi Merapi Mulai Keluhkan Sakit, Diduga Stres dan Trauma

Kompas.tv - 11 November 2020, 18:23 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KLATEN, KOMPAS.TV - Masih berstatus siaga, aktivitas Gunung Merapi terus meningkat. Untuk itu, sejumlah warga diharapkan dapat bertahan di lokasi aman termasuk di posko pengungsian.

Meski begitu, beberapa hari tinggal di pengungsian, kini warga di sekitar Gunung Merapi mulai mengeluhkan sejumlah penyakit.

Seperti di posko pengungsian Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, sejumlah warga mulai merasakan keluhan pusing dan lelah.

Untuk itu tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Klaten rutin memeriksa kesehatan para pengungsi. Para pengungsi lanjut usia, balita, dan ibu hamil dicek tensi darahnya.

Menurut tim dokter, sebagian besar mengeluh pusing karena darah tinggi. Para pengungsi juga diduga stres dan trauma akibat letusan Gunung Merapi di tahun 2010 silam.

Baca Juga: Anak-anak Lereng Merapi Tetap Belajar Meski di Pengungsian

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x