Kompas TV regional berita daerah

Pandemi Covid-19, Menerapkan Protokol Kesehatan Jadi Kebiasaan Baru

Kompas.tv - 11 November 2020, 14:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Sampai saat ini pandemi Covid-19 belum usai. Penerapan protokol kesehatan di era kebiasaan baru saat ini sangatlah penting. Seorang ibu yang juga bertugas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan ketat mengawal dan mengingatkan keluarga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari penularan Covid-19.

Walaupun melakukan aktivitas bersepeda, namun dua bocah ini tetap memakai masker untuk menutupi hidung dan mulutnya saat berada di luar rumah. Dengan penuh kesadaran, sang kakak langsung menuju keran air untuk mencuci tangan. Sang adik pun langsung meniru kakaknya membersihkan tangan dengan air mengalir. Setelah dirasa cukup bersih, mereka berdua tanpa ragu masuk ke dalam rumah.

Seluruh aktivitas harian ini menjadi kebiasaan baru di lingkungan keluarga Mamik Sulistyaningrum, seorang ibu tiga anak, warga Desa Ngemplak, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, yang juga bekerja sebagai petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung.

Setiap hari, mamik tidak pernah bosan selalu mengingatkan kepada keluarganya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan, ditanamkan Mamik sejak pandemi Covid-19.

"Ketika keluar entah itu bermain, entah kemanapun selalu saya bekali dengan hand sanitizer, karena dengan membawa hand sanitizer ini, saya itu mengantisipasi di tempat yang dia tuju itu tidak ada tempat cuci tangan, memang yang paling utama adalah 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak)," ujar Mamik Sulistyaningrum, Kasi Dalog BPBD Temanggung.

Mamik sadar, sebagai salah satu anggota Satgas Penananganan Covid-19 dari BPBD Temanggung, dirinya beresiko tinggi tertular Covid-19. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan membersihkan diri sebelum bertemu keluarga di rumah, Mamik yakin bisa menjadi upaya mengantisipasi penularan Covid-19 terutama terhadap keluarga tercintanya.

#ProtokolKesehatan #BPBDTemanggung #MamikSulistyaningrum

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x