Kompas TV regional berita daerah

Sempat Menurun, Penjualan Rumput Pakan Ternak kembali Meningkat!

Kompas.tv - 9 November 2020, 16:50 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KADIREJO, KOMPAS.TV - Sempat menurun saat awal masa pandemi, penjualan rumput pakan ternak di Desa Kadirejo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kini meningkat.

Rumput pakan ternak kini dipasarkan ke hampir seluruh Pulau Jawa, dan bisa dipesan secara daring.

Pada 2014 lalu, kelompok dagang atau KD Cahaya Baru yang berada di Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menerima 20 ribu bibit rumput pakan ternak dari dirjen peternakan dan kesehatan hewan, kementerian pertanian.

Usaha pembibitan rumput pakan ternak yang dikelola warga itu, kini berkembang hingga 9 hektar, dan bisa menyuplai beragam jenis rumput. Mulai rumput pakchong, odot, raja, bahkan indigofera yang bersertifikat. Kelompok dagang ini juga menyediakan pohon turi dan kaliandra. Usaha rumput pakan ternak dipilih, karena menguntungkan dan tahan hama.

Pada masa awal pandemi, usaha rumput pakan ternah sempat menurun.

Namun kini, usaha ini membaik karena permintaan pasar yang bertambah. Rumput pakan ternak milik KD Cahaya Baru dipasarkan ke hampir seluruh Pulau Jawa. Pemesanan juga bisa dilakukan secara daring.

Untuk menambah pendapatan, kelompok dagang cahaya baru juga memelihara 200 ekor kambing, dan mempekerjakan 24 warga sekitar.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x