Kompas TV regional berita daerah

Lukisan Awan Cantik Di Puncak Gunung Semeru

Kompas.tv - 7 November 2020, 15:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Fenomena segumpalan awan putih membentuk lukisan alam terlihat di atas puncak Gunung Semeru, pada Kamis pagi. Lukisan awan cantik ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Inilah fenomena awan putih yang cantik dan memukau di atas puncak Gunung Semeru. Fenomena unik nan cantik ini terlihat jelas dari Desa Bades, Kecamatan Pasirian.

Awan putih tersebut terlihat seperti goresan tinta yang terpasang di dinding dan membentuk lukisan alam yang memukau. Goresan putih terlihat memanjang ke arah timur Gunung Semeru.

Terpaan sinar matahari pagi menambah indahnya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Fenomena ini terlihat tidak begitu lama yakni mulai pukul 05.00 hingga pukul 07.00 pagi saja. Tak heran, banyak warga yang ketinggalan untuk mengabadikan moment langka tersebut. Meski tidak bisa mengabadikan secara langsung, namun warga bisa melihatnya di media sosial.

Baca Juga: Gunung Semeru Luncurkan Guguran Awan Panas

Menurut Sahid, Kepala Desa Bades, tidak hanya kali ini saja Gunung Semeru menunjukkan kecantikannnya. Sebelumnya, fenemona serupa juga pernah terjadi, namun bentuk awannya tidak memanjang seperti lukisan melainkan berbentuk seperti topi di atas puncak semeru.

Menurut beberapa literatur, fenemona itu merupakan fenomena alam biasa. Lukisan awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak gunung dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis.

 

#LukisanAwan #GunungSemeru #PuncakMahameru #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x