Kompas TV regional berita daerah

Cari Pemasukan Tambahan dari Sortir Sayur dan Ikan

Kompas.tv - 6 November 2020, 22:40 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Saat pandemi Covid-19 ini, semua merasakan dampak langsung. Salah satunya adalah penghasilan keluarga yang semakin minim, karena sulitnya mencari pekerjaan atau usaha yang menguntungkan.

 

Salah satu yang cukup kreatif mencari celah agar tetap bisa mendapat penghasilan adalah para ibu- ibu di kawasan pesisir di Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah. Puluhan ibu- ibu ini  berupaya agar bisa mencari rezeki dengan berbagai cara.

 

Mereka menjadi penyortir sayuran seperti cabai, kentang, juga buah- buahan. Selain itu para ibu-ibu ini dengan semangat, ikut memilih ikan bandeng yang baru saja dipanen. Sayuran dan bandeng, lalu dibungkus dan dipacking dan disalurkan untuk badan usaha milik desa bersama, atau Bumdesma.

 

Sardiyan, direktur badan usaha desa bersama (Bumdesma) Ulujami Pemalang, menyebutkan pihaknya melibatkan ibu- ibu dari daerah sekitar untuk mengerjakan apa saja. Saat ada pesanan atau permintaan kiriman, maka para ibu ini kerahkan untuk mengerjakan, mulai dari menyortir, memilah, mengemas hingga menyiapkan pengiriman.

 

Bumdesma ini mempekerjakan sekitar 70 sampai 100 pekerja, dan paling banyak adalah para ibu. Untuk para ibu bekerja paruh waktu, agar tetap bisa mengurus rumah tangganya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x