Kompas TV regional kriminal

Detik-detik Penangkapan 2 Kapal Ikan Malaysia yang Sempat Kabur

Kompas.tv - 4 November 2020, 18:25 WIB
Penulis : Reny Mardika

SUMATERA SELATAN, KOMPAS.TV - Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan menangkap dua kapal ikan berbendera Malaysia yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia.

Proses penangkapan berlangsung dramatis karena sempat terjadi aksi kejar-kejaran.

Video di atas merupakan rekaman video amatir yang diambil oleh petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Belawan, Sumatera Utara.

Dalam video amatir terlihat petugas menangkap 2 kapal berbendera Malaysia di kawasan Selat Malaka.

Proses penangkapan berlangsung dramatis karena kapal penangkap ikan berbendera Malaysia yang akan ditangkap sempat berupaya kabur.

Dari dua kapal ikan yang ditangkap, total terdapat delapan awak kapal yang kemudian dibawa ke Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Belawan.

Dari delapan awak kapal yang ditangkap, keseluruhannya merupakan warga negara Indonesia.

"Kedua kapal tersebut berbendera Malaysia, ABK itu adalah warga negara kita, jumlah masing-masingnya 4 orang jadi total ada 8 orang," kata Kepala Stasiun PSDKP Belawan, Andri Fahrulsyah.

Beberapa diantaranya diketahui masuk ke Malaysia dengan status sebagai TKI ilegal.

"Barang bukti ikan masih dalam proses pemeriksaan nantinya akan secara resmi dirilis berita acara penyitaan. Kesalahannya jelas diduga menggunakan alat tangkap yang terlarang tanpa izin melakukan penangkapan ikan di wilayah ZEE," lanjut Andri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x