Kompas TV regional peristiwa

Ki Seno Nugroho Wafat, Indonesia Kehilangan Salah Satu Dalang Fenomenal

Kompas.tv - 4 November 2020, 13:10 WIB
ki-seno-nugroho-wafat-indonesia-kehilangan-salah-satu-dalang-fenomenal
Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia (Sumber: KOMPAS.com/MARKUS YUWONO)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalang wayang kulit Ki Seno Nugroho asal Bantul, Yogyakarta, meninggal dunia pada Selasa (3/11/2020) malam.

Belum diketahui penyebab meninggalnya dalang dengan gaya khas percampuran antara Yogyakarta dan Solo.

"Iya benar, Mas (meninggal). Kalau penyebabnya kurang tahu," kata Ayu Purwa Lestari, salah satu sinden Ki Seno, saat dihubungi wartawan melalui telepon, Selasa malam.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut meninggalnya Seno adalah hilangnya ikon kesenian wayang kulit yang fenomenal.

"Ya kita kehilangan ikon kesenian wayang kulit yang fenomenal, karena (ki Seno) yang menjadikan wayang kulit masih banyak digemari oleh banyak kalangan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melalui keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

"Apalagi dalang Seno sampai saat ini masih tercatat sebagai warga ber-KTP Kota Yogyakarta," imbuh Heroe.

Ki Seno juga dikenal dengan dalang milenial karena banyak penontonnya anak muda saat pentas. Saat pandemi Covid-19, Ki Seno sering tampil secara virtual untuk penggemarnya.

Mengingat di setiap pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Seno selalu ramai penonton, baik langsung maupun penonton live streaming. Bahkan dari dua channel-nya saja bisa mencapai 20.000 lebih penonton dunia maya secara live. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x