Kompas TV regional berita daerah

Libur Panjang, 6 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Saat Berwisata

Kompas.tv - 4 November 2020, 12:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggencarkan tes cepat secara acak di sejumlah lokasi wisata selama cuti bersama dan libur panjang pekan lalu. Total ada 2.645 pengunjung lokasi wisata yang menjalani tes cepat. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Terlebih libur panjang sering dijadikan ajang bagi warga untuk berwisata.

Meskipun protokol kesehatan tetap dijalankan di lokasi-lokasi wisata, tes usap acak digelar karena sering ditemukan warga yang abai protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Dari tes cepat secara acak, 119 orang wisatawan reaktif. Kemudian tes swab PCR dilakukan kepada 67 orang dan ditemukan ada 4 orang wisatawan Candi Borobudur dinyatakan positif Covid-19. Keempat wisatawan tersebut berasal dari Medan, Tangerang, Semarang dan Trenggalek.

Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinung N Rachmadi menambahkan, selain di Candi Borobudur juga ada temuan wisatawan yang positif Covid-19 di Umbul Ponggok dan Umbul Pelem, Klaten. Sehingga pihaknya langsung menutup sementara objek wisata tersebut.

Meskipun Umbul Ponggok dan Umbul Pelem ditutup, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tetap membuka tempat wisata Candi Borobudur dengan alasan para pengunjung yang kedapatan positif Covid-19 belum masuk ke area Candi Borobudur. Sementara itu protokol kesehatan akan terus diperketat.

#ObjekWisata #CandiBorobudur #UmbulPonggok

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.