Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Ngelawang Sambut Galungan dan Kuningan Untuk Hindari Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 03:34 WIB
Penulis : Herwanto

GIANTAR, KOMPAS.TV-

Sertakan rangda dan barong yang disakralkan, warga Pakraman, Bukit Jangkrik, Kelurahan Samplangan, Gianyar, Bali, gelar tradisi Ngelawang.

Warga berharap tradisi di tengah pandemi ini akan membawa berkah dan mengakhiri wabah Covid-19. Tetap menerapkan protokol kesehatan, ngelawang dengan menyertakan tapakan rangda dan barong digelar keliling kampung.

Tradisi ini digelar setiap enam bulan sekali, untuk memohon berkah,  keselamatan duniawi dan utamanya saat ini di tengah wabah covid-19.

warga berharap sekalipun berjalan dengan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta,  tradisi ngelawang akan segera mengakhiri pandemi covid 19.

Bendesa adat bukit jangkrik menyatakan tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan tetap melaksanakan tradisi Ngelawang, karena tradisi ini menjadi ritual yang selalu dihelat setiap menyambut hari raya Galungan dan Kuningan.

Ngelawang dilaksanakan dari sore hingga malam hari. Setelah selesai berkeliling kampung, iring-iringan pesera akan kembali dan mengakhiri Ngelawang di pura desa adat setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x