Kompas TV regional berita daerah

Viral Air Laut di Pantai Benteng Portugis Mendadak Surut

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 09:29 WIB

JEPARA, KOMPAS.TV - Inilah video surutnya air laut yang sempat viral di media sosial, terlihat tumpukan lumpur yang menyerupai daratan, seakan terlihat pulau mandalika yang tadinya terpisah lautan, tampak seperti bisa dilalui via daratan.

 

Kejadian surutnya pantai air laut tersebut terjadi di pantai Benteng Portugis, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah, kejadian tersebut merupakan fenomena alam biasa yang terjadi di wilayah tersebut, yang biasa terjadi saat musim baratan atau menjelang pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan penghujan.

 

Menurut salah seorang warga sekitar, pasang surutnya air laut di wilayahnya merupakan hal yang biasa, namun waktunya tidak pasti kadang terjadi pada pagi atau sore hari, tergantung arus laut, saat ini kondisinya normal dan ombaknya juga tidak terlalu besar.

 

Sementara itu menurut kepala badan penanggulangan daerah Kabupaten Jepara, fenomena surutnya air laut di pantai Benteng Portugis Donorojo Jepara, tidak perlu dirisaukan karena hal tersebut adalah fenomena yang diakibatkan oleh pergantian musim baratan, atau peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan dan saat air surut biasanya memang terlihat tumpukan lumpur yang terbawa arus, dan biasanya nanti akan hilang sendiri apabila arus laut kembali normal.

 

BPBD juga sudah koordinasi dengan bmkg dan disampaikan fenomena tersebut tidak ada hubungannya dengan bencana alam gempa, meski demikian warga tetap diminta waspada apabila air kembali pasang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x