Kompas TV regional berita daerah

Melawan Covid-19, Relawan Bagi Jamu Gratis Keliling Desa

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 11:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Setiap hari, Ibaningsih Suprapti, warga Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, berada di pusat tanaman toga milik desa, untuk merawat dan mengembangkan tanaman herbal.

Relawan Covid-19 Desa Trisobo ini sejak beberapa bulan terakhir tergerak untuk menjaga seluruh warga desa dari penularan Covid-19, dengan cara mengkonsumsi jamu herbal untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.

Bersama belasan perempuan lain, Ibaningsih mencoba meramu jamu dari bahan dasar serai, kunir, jeruk nipis, kapulogo, jahe, jinten hitam, hingga gula aren, untuk diolah menjadi jamu herbal. Bahan-bahan tersebut dinilai murah dan banyak ditemukan di pekarangan warga.

Setelah diolah menjadi jamu dengan alat sederhana, jamu tersebut dibagikan gratis untuk menambah imun warga Desa Trisobo. Para relawan Covid-19 juga rela berkeliling desa untuk membagikan jamu, sekaligus mengingatkan warga untuk terus menggunakan masker agar terhindar dari penularan Covid-19.

Upaya untuk melawan Covid-19 yang dilakukan belasan relawan ini akan terus berjalan dan sudah mulai ditiru oleh sejumlah warga secara pribadi.

#Jamu #Covid-19 #TanamanToga

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x