Kompas TV regional berita daerah

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Panen Padi Sehat yang Ditanam Menggunakan Pupuk Organik

Kompas.tv - 4 Oktober 2020, 10:19 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Jawa Timur melakukan panen padi sehat di Desa Tukum Kecamatan Tekung. Padi sehat ditanam menggunakan pupuk organik, yang dikembangkan secara mandiri oleh kelompok tani.

Di lahan milik kelompok petani sejati inilah, Bupati Thoriqul Haq dan Wakilnya Indah Amperawati memanen padi, yang dihasilkan dari pemupukan secara organik. Hasil panen padi dari pupuk organik sangat memuaskan, karena tanpa gabuk atau semua padinya berisi dan berkualitas.

Baca Juga: Petani Lumajang Mengatasi Hama Tikus Dengan Burung Hantu

Bupati Thoriq juga menyempatkan diri berdialog dengan petani. Menurutnya dengan menggunakan pupuk organik, petani akan terbebas dari hama, karena pupuk tersebut mengandung pestisida, yang aromanya tidak disukai oleh hama.

Selain itu, pupuk organik dapat memulihkan fungsi lahan agar unsur hara bisa pulih dan tanaman meningkat produksinya. Pupuk organik juga memiliki keunggulan padi lebih cepat panen daripada padi yang ditanam dengan pupuk kimia dan harganya lebih murah.

Baca Juga: Bela Lahan Salim Kancil, Bupati Lumajang Dipolisikan

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengatakan pemerintah akan membantu mengembangkan padi sehat, namun sebelum diadopsi oleh petani lain, pemerintah akan melakukan uji laboratorium terlebih dahulu.

Adopsi padi sehat akan disesuaikan dengan kondisi lahan di masing-masing kecamatan, karena masing-masing daerah memiliki saluran irigasi yang berbeda, ada irigasinya lancar, ada juga yang kering.

 

#PadiSehat #PupukOrganik #BupatiLumajang #Petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x