Kompas TV regional berita daerah

Tingkat Penularan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur Terendah

Kompas.tv - 3 Oktober 2020, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Selama 9 hari berturut-turut, Provinsi Jawa Timur menjadi daerah dengan tingkat penularan covid-19 terendah di Indonesia. Hal tersebut diketahui berdasarkan analisis big data the bonza dan satgas covid-19 pusat.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan penurunan tingkat penularan covid-19 di Provinsi Jawa Timur berada di bawah angka 1, yakni 0,8 per 30 September 2020.

Kasus aktif covid-19 di Provinsi Jawa Timur juga menjadi yang terendah di Pulau Jawa. Jika pada bulan Juli lalu mencapai 31 persen, kini kasus aktif ke-19 di Jawa Timur sudah menjadi 12 persen.

Baca Juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jawa Timur Tinggi

Jawa Timur merupakan provinsi yang masuk dalam 9 Provinsi prioritas di Indonesia, seperti arahan Presiden Joko Widodo. Karena jumlah kasus covid-19 yang tinggi di Jawa Timur, maka berbagai upaya untuk menekan angka covid-19 secara agresif terus dilakukan, hingga akhirnya membuah hasil.

Baca Juga: Bantuan Alat Kesehatan Untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Penurunan tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah dalam menekan kasus baru covid-19, salah satunya melalui operasi yustisi untuk meningkatkan kepatuhan bermasker. Operasi yustisi telah dilakukan di 40.745 titik dengan total yang terjaring 592.634 orang.

Pemerintah akan terus menggalakkan operasi yustisi dengan pemberian hukuman, berupa teguran, denda administratif hingga penutupan tempat usaha.

 

#PenularanCovid19 #ProvinsiJawaTimur #SatgasCovid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x