Kompas TV regional berita daerah

Serunya Mengoleksi Kereta Api Dalam Bentuk Mini

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 16:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menyaksikan miniatur kereta api yang berjalan melintasi diorama mampu mendatangkan kesenangan tersendiri. Kesenangan inilah yang kemudian diubah menjadi hobi oleh Joso yang sekalgus merancang sendiri konsep diorama sesuai dengan keinginannya.

Yang menarik dari hobi mengoiekasi miniatur kereta api yakni anda tidak hanya mengoleksi kereta api saja, namun juga bisa mengenal beragam komponen penting pada kereta api dalam bentuk miniatur, serta beragam tipe kereta api.

Seperti Joso yang dari kecil sudah mengagumi kereta api. Joso mengoleksi 12 loko miniatur kereta api dan gerbong yang dimainkan di atas diorama. Tipe kereta api yang dikoleksi dalam bentuk miniatur ini dari Eropa.

Mengoleksi miniatur kereta api memang ada keasyikan tersendiri. Kereta api ini tidak hanya menyenangkan untuk dipandang, namun bisa dimainkan atau dijalankan. Menggerakkan keretanya menggunakan daya listrik yang dijalankan melalui controller yang bentuknya mirip tuas pengatur yang ada di dalam lokomotif.

Menyenangi miniatur kereta api bukanlah hobi biasa, karena keretanya menyerupai desain bentuk dan fungsi aslinya, seperti lampu yang menyala di tiap gerbong dengan sederet kursinya. Selain itu juga bisa mengeluarkan bunyi klakson yang khas sambil melintasi jalan di antara pepohonan, rambu lalu lintas hingga jalur kereta bawah tanah.

Lebih menarik lagi, diorama dan miniatur kereta ini menggunakan tenaga listrik Direct Current (DC) yang terintegrasi dengan aplikasi android, sehingga Joso cukup menghidupkan panel dan mengendalikan perjalanan kereta api miliknya melalui aplikasi ponsel pintarnya. Waktu yang paling tepat untuk menikmati hobi miniatur kereta api menurut Joso, disaat dirinya merasa jenuh.

#KeretaApi #Miniatur #Hobi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x