Kompas TV regional berita daerah

Angin Puting Beliung Terjang Perairan Pantai Lebih

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 10:56 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Fenomena alam yakni pusaraan angin yang menjulang tinggi di perairan pantai lebih gianyar bali viral di media sosial pada selasa 29 september 2020 ,hal ini juga mendapat tanggapan dari BBMKG wilayah III denpasar.

Dikatakan angin puting beliung dilautan atau watrespout biasanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat yakni sekitar lima hingga sepuluh menit. Fenomena angin ini selalu ditandai dengan adanya awan pekat hitam ,awan konfektif yang biasa juga disebut dengan awan cumulonimbus.

Prakirawan cuaca balai besar meteorologi klimatologi dan geofisika wilayah tiga denpasar, Putu Agus Dedy Permana, berharap masyarakat segera berlindung ,apabila melihat fenomena alam seperti awan hitam pekat, yang dibarengi hembusan angin dingin yang kencang secara tiba tiba,dibarengin hujan lebat dan petir. Karna fenomena seperti ini biasanya berpotensi menjadi angin puting beliung.

BBMKG menghimbau masyar4akat selalu waspada terhadap fenomena cuaca extrim tahunan,musim pancaroba terlebih saat ini memasuki musim penghujan ,dimana BBMKG wilayah III denpasar memperkirakan musim hujan awal,baru akan terjadi pada akhir bulan oktober 2020 mendatang.

#anginputingbeliung #angin #putingbeliung #cuaca #fenomenaalam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x