Kompas TV regional berita daerah

Ukir Sejarah, Tim Debat Bahasa Inggris Untan Juara Pertama Kompetisi Tingkat Nasional

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 10:33 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Prestasi membanggakan ditorehkan tim Debat Bahasa Inggris Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan menjadi juara pertama dalam kompetisi debat bahasa inggris tingkat nasional, atau NUDC.

Pencapaian itu menjadi sejarah, sebab selama 33 tahun kompetisi ini digelar, Untan adalam tim pertama dari luar Pulau Jawa yang dapat menjadi pemenang utama.

Tim yang beranggotakan Feliani dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Leonardo dari Fakultas Hukum, menyisihkan 111 tim debat dari berbagai universitas di Indonesia.

Debat berlangsung secara daring menyikapi pandemi covid-19 yang sedang melanda. Format tersebut sempat membuat Leo dan Feli terkendala jaringan internet. Namun, keduanya akhirnya berhasil membawa pulang piala.

“Kami berhasil menang, dan menjadi tim yang pertama satu-satunya perwakilan dari Kalimantan untuk Grand Final. Kami sangat senang dan bahagia menjadi representasi Untan dan Kalimantan Barat di ajang nasional," ucap Feliani, Anggota Tim Juara Debat Bahasa Inggris.

“Tahapan selanjutnya setelah NUDC di Indonesia, kami akan melanjutkan ke jenjang internasional yaitu WUDC (World University Debating Championship) yang akan diadakan di Seoul, Korea Selatan. Kami harapkan doa dan dukungannya,” tambah Leonardo.

Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko, yang menerima tim debat bahasa inggris itu menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang berhasil dicapai.

“Selamat untuk Feliani dan Leonardo atas prestasi sebagai 1st Winner dalam NUDC 2020. Ini suatu kebanggan bagi Untan. Mewakili keluarga besar Untan kami ucapkan selamat,” ucap Rektor Untan.

Selanjutnya, tim Universitas Tanjungpura akan mewakili Indonesia dalam pertandingan debat bahasa inggris tingkat dunia, di Korea Selatan.

Kompetisi debat bahasa inggris tidak hanya mempertandingkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris, melainkan juga menguji pemikiran kritis, penyelesaian masalah, hingga kemampuan peserta untuk bekerja sama.

#NUDC #Debat #BahasaInggris #Untan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x