Kompas TV regional berita daerah

Tukar Sampah Bisa Menikmati Segelas Kopi

Kompas.tv - 23 September 2020, 11:17 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Siapa yang menyangka sampah rumahan bisa ditukar dengan segelas kopi. Ini lah yang terjadi di warung kopi mitra R3 (Reuse, Recycle, Reduce) yang ada di jalan H.M Ardans, Sempaja Selatan, Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur.

Hanya dengan membawa sampah rumahan atau sampah plastik dan kardus, para pengunjung bisa menukar dengan segelas kopi dan menikmatinya.

Bahkan, ada juga sampah - sampah sisa makanan juga ditukarkan, bisa diolah menjadi seperti kompos serta diolah untuk mengembangbiakan telur serta ulat yang dijadikan sebagai pakan ikan.

Untuk telur lalat sendiri di jual seharga 70.000 per gramnya dan ulat dijual seharga 150 per kilonya.

Pengelola kopi Syahrudin menuturkan sosialisasi minum kopi bayar pake sampah sudah ada dari bulan januari tahun 2020. Dirinya juga menuturkan tidak ada takaran sampah untuk bisa menikmati kopi di warkop mitra 3R ini//

Sementara itu,Dwi Cahyo menuturkan dirinya mengetahui adanya warung kopi bayar pakai sampah dari teman-temannya dan dirinya langsung inisiatif sendiri untuk mengurangi sampah-sampah yang ada di rumah dan dibawa menuju warung kopi mitra 3R agar sampah tersebut bisa bermanfaat.

#TukarSampah#SegelasKopi#WarungR3



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x