Kompas TV regional berita daerah

Mozaik Akar Jati Tembus Pasar Dunia

Kompas.tv - 19 September 2020, 00:12 WIB

Awalnya Ghofur jenuh bergelut di dunia furniture di sebuah perusahaan asing tempatnya bekerja. Kemudian dia mendapat ide membuat handycraft patung kuda dan hewan lainnya ini, setelah melihat permintaan para customernya dari luar negeri.

 

Hobinya melukis bentuk sejak kecil, terutama kuda, memudahkan dia mewujudkan sketsa mozaik patung kuda. Namun tak seperti membalikkan telapak tangan, berbagai kayu telah dicoba hingga akhirnya pilihannya jatuh pada akar kayu jati tua.

 

Bahkan, prototipe kuda pertamanya gagal. Namun berkat kesabaran dan ketelatenannya, akhirnya prototipe kedua mozaik patung kuda dibeli customernya asal inggris, dan hingga kini dia terus berkarya dengan berbagai bentuk sesuai keinginan customer.

 

Selain kuda, ada juga bentuk elang, burung hantu, ayam, ikan, kelinci, rusa, gajah, hingga hewan fantasi seperti naga. Meski dengan ukuran yang besar, namun karya Ghofur terlihat proporsional dan menyerupai hewan aslinya. Selain itu, dia menjamin patung-patung mozaik karyanya bisa berdiri hingga lima belas tahun. Kesulitan utama yang dihadapinya yakni bahan baku yang dicari langsung ke alam. Sebab akar jati yang digunakan benar-benar pilihan.

 

Di sebuah peternakan kuda di Irlandia, patung kuda mozaik akar jati karyanya menjadi koleksi tetap dan menjadi ikon event nasional di Irlandia. Sementara karya mozaik gajah ukuran besarnya dipesan untuk sebuah museum di kerajaan Pahang Malaysia. Selain itu, sejumlah karyanya laku di sejumlah negara bagian di Amerika, Inggris, Belgia dan Jerman.

 

Berkat prestasinya itu, pria yang membuka bengkel kreatifnya di desa cemanggah, Kelurahan Branjang, kecamatan ungaran barat ini, digandeng dan disupport oleh sebuah bumn untuk mengikuti sejumlah pameran nasional dan internasional. Sehingga membuatnya menambah pengalaman dan jaringan pemasaran.

 

Sementara itu, marthia mulia asri, Senior Supervisor CSR & SMEPP Pertamina MOR Empat Jateng-DIY mengatakan, selain bantuan permodalan, pihaknya juga memberikan pelatihan dan pembinaan. Bahkan juga diikutsertakan dalam pameran, baik di dalam maupun luar negeri.

 

Hingga kini, sudah ada lebih dari delapan ribu mitra binaan pertamina mor empat Jateng-DIY. Sejak januari hingga agustus 2020, pihaknya sudah menyalurkan csr kepada mitra binaan mereka hingga tiga belas miliar.

 

#Seni #Mozaik




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x