Kompas TV regional berita daerah

Warga Terdampak Abrasi Pantai Selatan Ditawari Transmigrasi

Kompas.tv - 15 September 2020, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menawarkan program transmigrasi kepada warga yang terdampak abrasi. Tawaran tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, pada Minggu (13/09).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, meninjau langsung lokasi abrasi pantai selatan, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Tempursari. Ketinggian gelombang masih terlihat cukup tinggi dan sejumlah rumah yang sebelumnya berada di tepi pantai, kini sudah tidak terlihat lagi karena abrasi.

Bupati menawarkan program transmigrasi saat bertemu dan berdialog dengan warga terdampak di balai dusun desa setempat. Namun banyak dari mereka yang tidak mau, karena beberapa alasan, seperti faktor usia dan tidak mau jauh dari keluarga.

Sekretaris Desa Tegalrejo, Imam mengatakan bahwa banyak warga membutuhkan bantuan pemerintah. Namun untuk tawaran transmigrasi, banyak yang tidak mau, karena jauh. Warga lebih memilih relokasi ke tempat lain, yang masih dalam satu wilayah.

Karena banyak warga yang meminta relokasi, Bupati  pun berjanji akan membantu mencarikan tempat relokasi buat warga.

Baca Juga: Pemkab Lumajang Siapkan Tempat Relokasi Korban Abrasi Pantai

Sebelumnya Bupati Thoriq juga telah menyiapkan tempat relokasi di lahan milik Perhutani di Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari. Namun relokasi untuk penduduk Desa Tegalrejo, bupati masih akan mengkomunikasikan dengan pihak Perhutani.

 

#KorbanAbrasi #PantaiSelatan #Transmigrasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x