Kompas TV regional peristiwa

Labuan Bajo Daerah Wisata Super Premium Akan Dibuatkan Jalan Tol

Kompas.tv - 13 September 2020, 16:30 WIB
labuan-bajo-daerah-wisata-super-premium-akan-dibuatkan-jalan-tol
Ilustrasi Jalan Tol (Sumber: Dok. Kementerian PUPR)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mengkaji pembangunan jalan tol di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Demikian diungkapkan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu.

Marius Ardu Jelamu, mengatakan pemerintah pusat tengah mengkaji pembangunan jalan tol untuk meningkatkan akses transportasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, sebagai daerah wisata super premium.

”Pemerintah sedang dalam proses pengkajian untuk pembangunan jalan tol di Labuan Bajo yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan pembangunan di daerah wisata super premium itu," kata Marinus dilansir dari Antara, Minggu (13/9/2020).

Ia mengatakan kebutuhan infrastruktur jalan tol untuk Labuan Bajo telah dibahas dalam pertemuan bersama antara Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT) dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Dibahas juga dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Wakilnya Josef Nae Soi serta Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencontohkan seperti Bali sebelumnya tidak ada jalan tol, tetapi karena kebutuhan pertemuan negara APEC maka dibangun jalan tol dari bandara menuju Nusa Dua.

Kebutuhan membangun jalan tol di Labuan Bajo merupakan komitmen untuk meningkatkan akses transportasi mengikuti kebutuhan sosial dan ekonomi di masa mendatang. Apalagi, Labuan Bajo kini termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Kita akan siap duduk bersama dengan pihak kementerian dan investor, dan berbagai pihak terkait kalau suatu waktu nanti di Labuan Bajo dibangun jalan tol," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x