Kompas TV regional berita daerah

Swab Gratis Warga Kota Banda Aceh

Kompas.tv - 3 September 2020, 19:12 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Pemerintah kota Banda Aceh sudah  melakukan 2300 swab kepada warga. Direncanakan akan melakukan swab gratis.

Pada tahap pertama, pemerintah kota Banda Aceh telah melakukan swab kepada 1.300 warga, kemudian swab dilanjutkan pada tahap kedua kepada 1000 orang.

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Banda Aceh, Pemerintah akan akan menyediakan  tes swab kepada masyarakat secara gratis. Hal ini diungkapkan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman di acara pembukaan Gebrak Masker.

Baca Juga: Ratusan Tenaga Medis Terpapar Covid-19

“Tim gebrak masker ini akan menyalurkan masker untuk warga kota Banda Aceh secara gratis untuk memutus matarantai penyebaran covid 19,” Ungkap Aminullah Usman. 

Upaya lain yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Walikota Banda Aceh nomor 45 tahun 2020. Perwal tersebut merupakan pelaksanaan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Bagi masyarakat yang melanggar akan dilakukan denda 100 ribu rupiah serta sanksi sosial membersihkan tempat ibadah. Hal ini sebagai upaya mempersempit penyebaran virus corona di Banda Aceh.

Dikutip dari laporan jurubicara tim gugus tugas covid 19 Aceh melaporkan jumlah akumulatif Covid-19 di Aceh per tanggal 2 September 2020, pukul 15.00 WIB, telah mencapai 1.696 orang.  Rinciannya sebanyak 1.013 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan atau melakukan isolasi mandiri, 615 orang dinyatakan sembuh, dan 68 orang meninggal dunia. 

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 272 orang. Ada penambahan PDP baru sebanyak 1 orang. Dari jumlah tersebut, 28 PDP dalam penanganan tim medis, 231 telah sembuh, dan 13 orang lainnya meninggal dunia. 

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif sebanyak 2.525 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.456 orang sudah selesai proses isolasi, dan sebanyak 69 orang masih menjalania isolasi di pelbagai kabupaten/kota.

#aceh #swabgratis #covid19aceh




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x