Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Lumajang Siapkan Tempat Relokasi Korban Abrasi Pantai

Kompas.tv - 3 September 2020, 11:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur telah mempersiapkan lahan untuk tempat relokasi bagi warga pesisir pantai TPI Tempursari, yang terdampak abrasi.

Lahan tersebut merupakan lahan milik Perhutani, yang sudah siap untuk dibangun rumah tempat tinggal bagi warga Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau tempat relokasi tersebut pada Senin (31/08). Bupati mengaku telah berkomunikasi dengan pihak Perhutani agar bisa mempergunakan lahan tersebut sebagai tempat relokasi warga.

Bupati juga sempat berdialog dengan warga terdampak di Dusun Karang Menjangan. Dalam dialog tersebut, sejumlah warga meminta fasilitas air bersih dan penerangan listrik dari PLN.

Menanggapi keluhan warga, Bupati Thoriq berjanji akan memenuhi permintaan warga dan segera mengkoordinasikannya dengan jajarannya.

Kepala Desa Bulurejo, Rohman Adi mengatakan bahwa di Desa Bulurejo terdapat 2 Rukun Tetangga atau 2 RT, yang terdampak abrasi pantai selatan. Mereka rata-rata adalah nelayan, yang menggantungkan mata pencahariannya di laut.

Sebelumnya, puluhan rumah di pesisir pantai TPI Tempursari rusak diterjang abrasi pantai selatan. Rumah yang juga menjadi tempat usaha kuliner ikan bakar ludes tak tersisa setelah dihantam gelombang tinggi.

#RelokasiKorbanAbrasi #AbrasiPantaiSelatan #PemkabLumajang #Perhutani

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x