Kompas TV regional berita daerah

Rumah Panggung Woloan Warisan Adat Minahasa

Kompas.tv - 1 September 2020, 00:06 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TOMOHON, KOMPAS.TV - Suku Minahasa adalah salah satu suku terbesar di Sulawesi Utara.  Selain budayanya yang masih dijaga,  orang Minahasa masih terus melestarikan warisan nenek moyangnya yakni rumah adat Minahasa.

Ketika memasuki Kelurahan Woloan di Kota Tomohon, kita akan disambut dengan pemandangan rumah panggung yang berjajar. Ini bukan rumah biasa yang ditinggali warga, melainkan usaha rumah panggung khas Suku Minahasa.

Warisan turun temurun ini,  oleh warga setempat, masih terus dilestarikan,  bahkan dikembangkan menjadi produk rumah tinggal yang banyak di buru pembeli.

Sebagian besar warga Woloan, berprofesi sebagai pembuat rumah panggung Minahasa.  mereka mewarisi usaha rumah panggung dari orang tua secara turun temurun.

Seiring perkembangan jaman, proses pembuatan rumah panggung Woloan sudah menggunakan alat yang lebih canggih, meski ada bagian-bagian tertentu harus dikerjakan secara manual.

Rumah panggung Minahasa di Woloan sudah terkenal hingga ke mancanegara. selain arsitekturnya yang khas, bahan kayu yang digunakan  berkualitas tinggi. Modelnya pun beragam dan dirancang khusus dengan tiang penyangga yang kuat dan kokoh serta tahan gempa.

Harga Sebuah rumah panggung Minahasa di Woloan ini, dijual variatif berdasarkan jumlah kamar dan tingkat kesulitan pada proses pembuatannya. satu unit rumah patok  100 juta hingga 450 juta rupiah.

#kompastvmanado #rumahpanggungwoloan #adatminahasa

TIM LIPUTAN KOMPASTV MANADO SULAWESI UTARA

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x