Kompas TV regional berita daerah

Aksi Tunggal Petani Protes Kelangkaan Pupuk Subsidi

Kompas.tv - 31 Agustus 2020, 15:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang petani di Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar aksi tunggal di depan kantor Pemerintah Kabupaten Jember pada Kamis (27/08). Aksi tunggal ini sebagai bentuk kekecewaan atas kelangkaan pupuk bersubsidi di pasaran.

Dengan menumpang sebuah mobil, yang dilengkapi spanduk tuntutan, Jumantoro, petani asal Desa Candijati, Kecamatan Arjasa melakukan Orasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten Jember.

Dalam aksi tunggalnya, ia menyuarakan keluhan petani terkait kelangkaan pupuk bersubsidi di pasaran. Hilangnya pupuk bersubsidi di pasaran membuat petani semakin menderita, karena tidak bisa bercocok tanam dan harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bercocok tanam.

Selain melakukan orasi, ia beserta petani lainnya juga melakukan aksi makan di jalanan, yang menggambarkan penderitaan petani.

Jumantoro menyayangkan pengurangan kuota pupuk bersubsidi hingga 50 persen, yakni 45 ton di tahun 2020 dan 90 ton di tahun 2019. Akibatnya terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi hingga merusak lahan pertanian.

Ia mengancam akan melakukan aksi lanjutan, karena aksinya tidak ditemui oleh perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Jember.

#PupukSubsidi #Petani #PupukLangka

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.