Kompas TV regional berita daerah

Jembatan Vital Penghubung 2 Desa Dan 2 Kecamatan Putus Akibatkan Warga Tercebur Ke Sungai

Kompas.tv - 30 Agustus 2020, 19:28 WIB
Penulis : Herwanto

SUKABUMI, KOMPAS.TV-

Sebuah jembatan gantung di Kampung Bojong Kerta, Desa Kertamukti, Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, putus akibat sling jembatan lapuk termakan usia.
Jembatan yang memiliki panjang sekitar 70 meter dan lebar 1,20 meter yang melintasi sungai besar roboh  dan memakan korban. Sebanyak 11 warga desa yang saat itu sedang melintas tercebur ke sungai, karena jembatan putus. Menurut Kepala Desa Kertamukti, dari 11 orang tersebut, 2 diantaranya mengalami luka berat dan dilarikan ke rumah sakit, sedang para korban lainnya telah diobati.

Jembatan yang mengubungkan antara Desa Cimanggu dan Desa Kertamukti, dan dua kecamatan yaitu Kecamatan Cikembar dan Kecamatan Warung Kiara ditutup warga, untuk menghindari jatuhnya korban yang lain. Kini warga desa pun harus memutar sejauh 5 kilo meter untuk mengakses jalan yang menghubungkan dua desa ini. Warga pun saat ini mengeluh karena jembatan tersebut satu-satunya akses ekonomi dan akses pendidikan warga yang terdekat.

Berdasarkan informasi, jembatan tersebut tidak pernah diperbaiki secara serius oleh pemerintah setempat. Setiap tahunnya, warga berinisiatif sendiri memperbaiki alas jembatan menggunakan sasak bambu dengan dana swadaya masyarakat. Namun untuk sling jembatan warga tidak mampu memperbaiki karena keterbatasan biaya.

Warga setempat berharap dengan adanya korban luka dan belasan warga tercebur ke sungai, pemerintah Kabupaten Sukabumi bisa lebih perhatian terhadap pembangunan daerah mereka terutama jembatan yang saat ini dibutuhkan warga. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x