Kompas TV regional berita daerah

Permainan Tradisional Boles

Kompas.tv - 24 Agustus 2020, 16:01 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Beragam jenis permainan tradisional yang berasal dari Kota Sukabumi, salah satunya bernama Bola Leungeun Seuneu atau biasa disebut Boles. Permainan Boles yang digelar di Pondok Pesantren Al Fath, Kota Sukabumi, merupakan permainan bola yang unik dan cukup berbeda dari yang lain.

Permainan ini dimainkan seperti bermain basket, dengan memainkan bola yang telah dibakar terlebih dahulu hingga menyala. Bola Leungeun Seuneu dimainkan oleh para Santri dan Santriwati. Bola leungeun seuneu dimainkan oleh tiga orang yang  melawan tiga orang. 

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni, mengatakan permainan tradisional ini, tetap harus kita jaga. Boles yang sering dimainkan di Pondok Pesantren Dzikir Alfath Ini, juga sebagai Seni Budaya yang ada di Jawa Barat.

Sementara pimpinan Pondok Pesantren, Kiayi Fajar Laksana, mengatakan, dalam peringatan HUT RI ke 75 dan Tahun Baru Islam mengenalkan permainan tradisional yang juga menjadi Budaya Sunda yaitu Boles atau Bola Leungeun Seuneu.

Boles merupakan salah satu bentuk kreativitas masyarakat Sunda di Jawa Barat dengan menggabungkan antara permainan bola api dan bola Basket. Cara memainkannya mirip dengan Permainan Basket. Dengan mengerahkan dua tim yang saling bertanding untuk merebut bola dan memasukan ke sebuah keranjang yang telah disiapkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x